Rabu, 07 Maret 2012

Definisi/Pengertian Manajemen Keuangan, Tugas Pokok Dan Tujuan Manajer Keuangan Perusahaan

A. Pengertian Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
Penjelasan Singkat Masing-Masing Fungsi Manajemen Keuangan :
   1. Perencanaan Keuangan
       Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.
   2. Penganggaran Keuangan
       Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.
   3. Pengelolaan Keuangan
       Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.
   4. Pencarian Keuangan
       Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.
   5. Penyimpanan Keuangan
      Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.
   6. Pengendalian Keuangan
       Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.
   7. Pemeriksaan Keuangan
       Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.

B. Tugas Pokok Manejemen Keuagan
Tugas-tugas dasar yang diemban oleh seorang menejer keuangan secara umum adalah :
   1. Mendapatkan Dana Perusahaan
   2. Menggunakan Dana Perusahaan
   3. Membagi Keuntugan / Laba Perusahaan

C. Tujuan Manajemen Keuangan
Tujuan dengan adanya manajer keuangan untuk mengeloka dana perusahaan pada suatu perusahaan secara umum adalah untuk memaksimalisasi nilai perusahaan. Dengan demikian apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat ditetapkan setinggi mungkin.

REFERENSI
 http://organisasi.org/definisi-pengertian-manajemen-keuangan-tugas-pokok-dan-tujuan-manajer-keuangan-perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar